Bab 1 ISD sebagai MKDU
1.Pendahuluan
Pendidikan Tinggi diharapkan dapat menghasilkan sarjana-sarjana yang mempunyai seperangkat kemampuan yang terdiri atas:
a. Kemampuan akademik
b. Kemampuan profesi dan
c. Kemampuan pribadi
Adapun kemampuan pribadi, diharapkan untuk dapat dicapai melalui sekelompok mata kuliah yang tergabung dalam Mata Kuliah Dasar Umum (MKDU) yang terdiri atas mata-mata kuliah:
1. Pancasila
2. Agama
3. Kewiraan
4. Pendidikan sejarah perjuangan bangsa
5. Ilmu Alamiah Dasar (IAD)
6. Ilmu Sosial Dasar (ISD)
7. Ilmu Budaya Dasar (IBD)
Secara spesifik kemampuan pribadi yang hendak dicapai melalui MKDU bertujuan menghasilkan warga Negara Sarjana yang berkualifikasi sebagai berikut:
a. Taqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, bersikap dan bertindak sesuai dengan ajaran agamanya.
b. Berjiwa Pancasila sehingga segala keputusan serta tindakannya mencerminkan nilai-nilai Pancasila dan memiliki intergritas kepribadian yang tinggi.
c. Memiliki wawasan Sejarah Perjuangan Bangsa
d. Memiliki wawasan komprehensif dan pendekatan integral di dalam menyikapi permasalahan kehidupan.
e. Memiliki wawasan budaya yang luas tentang kehidupan bermasyarakat dan secara bersama-sama mampu berperan serta meningkatkan kualitasnya.
2. ISD: Pengertian,Tujuan, ISD dan IPS
A. Pengertian
Berdasarkan sumber filsafat yang dianggap sebagai ibu dari ilmu pengetahuan, maka ilmu pengetahuan dapat dikelompokkan menjadi tiga :
a. Natural Sciences (ilmu alamiah)
b. Sosial sciences (ilmu social)
c. Humanities (Ilmu budaya)
Ilmu social dasar adalah pengetahuan yang menelaah masalah-masalah social, khususnya yang diwujudkan oleh masyarakat Indonesia dengan menggunakan pengertian-pengertian (fakta,konsep, teori) yang berasal dari berbagai bidang pengatahuan keahlian dalam lapangan ilmu-ilmu social seperti: sejarah, ekonomi, geografi social. Sosiologi , antropologi , psykologi social.
B. Tujuan
Sebagai salah satu dari Mata Kuliah Dasar Umum, ISD mempunyai tujuan pembinaan mahasiswa agar :
a. Memahami dan menyadari adanya kenyataan-kenyataan social dan masalah-masalah social yang ada dalam masyarakat.
b. Peka terhadap masalah-masalah social dan tanggap untuk ikut serta dalam usaha-usaha menanggulanginya.
c. Menyadari bahwa setiap masalah social yang timbul dalam masyarakat selalu bersifat kompleks dan hanya dapat mendekatinya dan mempelajarinya secara kritis-interdisipliner.
d. Memahami jalan pikiran para ahli dari bidang ilmu pengetahuan lain dan dapat berkomunikasi dengan mereka dalam rangka penanggulangan masalah social yang timbul dalam masyarakat.
3. Ilmu Sosial Dasar dan Ilmu Pengetahuan Sosial
Ilmu Sosial Dasar (ISD) dan Ilmu pengetahuan social (IPS) Kedua-duanya mempunyai persamaan dan perbedaan.
Adapun persamaan antara keduanya adalah:
1. Keduanya merupakan bahan studi untuk kepentingan program pendidikan/pengajaran.
2. Keduanya bukan disiplin ilmu yang berdiri sendiri
3. Keduanya mempunyai materi yang terdiri dari kenyataan social dan masalah social.
Adapun perbedaan antara keduanya adalah:
a. ISD diberikan di Perguruan Tinggi, sedangkan IPS diberikan di Sekolah Dasar dan Sekolah Lanjutan.
b. ISD merupakan matakuliah tunggal, IPS kelompok dari sejumlah mata pelajaran.
c. ISD diarahkan kepada pembentukan sikap dan kepribadian. IPS diarahkan kepada pembentukan pengetahuan dan ketrampilan intelektual.
4. Ruang Lingkup ISD
Bahan pelajaran ISD dapat dibedaka atas tiga golongan yaitu:
a) Kenyataan social yanga ada dalam masyarakat, yang secara bersama-sama merupakan masalah social tertentu.
b) Konsep-konsep social atau pengertian tentang kenyataan social dibatasi pada konsep dasar atau elementer saja yang sangat diperluka untuk mempelajari masalah-masalah social yang dibahas dalam IPS.
c) Masalah-masalah social yang timbul dalam masyarakat, biasanya terlibat dalam berbagai kenyataan social antara satu dengan lainnya saling berkaitan.
Link download untuk:
Bab 2 Penduduk Masyarakat dan Kebudayaan
Bab 3 Individu,Keluarga, dan Masyarakat
Bab 4 Pemuda dan Sosialisasi
Bab 5 Warga Negara dan Negara
Bab 6 Pelapisan Sosial dan Kesamaan Derajat
Bab 7 Masyarakat Perkotaan dan Masyarakat Perdesaan
Bab 8 Pertentangan Sosial dan Integrasi
Bab 9 Ilmu Pengetahuan, Teknologi, dan Kemiskinan
Bab 10 Agama dan Masyarakat
Sumber: Harwantiyoko dan Neltje F. Katuuk. 1996.MKDU Ilmu Sosial Dasar.Jakarta: Gunadarma
Tidak ada komentar:
Posting Komentar