Sabtu, 11 Januari 2014

Daur Ulang Kertas


Kita tidak asing lagi dengan kertas, dalam dunia sehari-hari penggunaan kertas sangat-lah banyak.  Dari anak sekolahan, perkuliah, bahkan perkantoran dalam kegiatan sehari-hari seluruhnya pasti menggunakan kertas. Kertas adalah bahan yang tipis dan rata, yang dihasilkan dengan kompresi serat yang berasal dari pulp. Serat yang digunakan biasanya adalah alami, dan mengandung selulosa dan hemiselulosa. Dengan kata lain kertas terbuat dari tumbuhan, untuk memproduksi 1 rim kertas kita membutuhkan kita memerlukan 1 batang pohon yang berusia 5 tahun.

Pemandangan yang sudah biasa dan sering kita lihat pada saat perkuliahan adalah lembaran kertas. Baik itu tumpukan-tumpukan, selembaran yang berserakan, kertas laporan serta tugas akhir yang setiap harinya akan menggunakan kertas lebih dari 100 lembar setiap mahasiswa  perharinya . 100 lembar kertas sama dengan 1/5 rim kertas dan yang akhirnya hanya akan menjadi sampah yang begitu banyak. Sudah terbayangkan betapa banyaknya kita manusia membuang-buang banyak pohon untuk keperluan kita sehari-hari yang menggunakan kertas.

Maka dari itu kita membutuhkan solusi lain agar pohon yang kita miliki saat ini tidak habis untuk pembuatan kertas. Sudah banyak sekali solusi yang ditemukan untuk dapat menyelamatkan banyak batang pohon antara lain  dengan cara mendaur ulang kertas yang sudah tidak terpakai lagi, mengganti bahan utama pohon sebagai pembuatan kertas dengan ganggang hijau yang serupa bahannya untuk pembuatan kertas. Dengan demikian pohon yang dapat diselamatkan akan semakin banyak.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar