Rabu, 29 Januari 2014

Tugas Bulan 3 (2)



Ada beberapa teknologi yang akhir-akhir ini mewarnai perkembangan pertumbuhan ekonomi beberapa negara maju. Teknologi-teknologi ini merupakan penetrapan dari ilmu dasar yang telah disempurnakan selama bertahun-tahun dan kemudian mendapatkan dorongan yang berarti karena adanya terobosan aplikasi yang mempunyai potensi ekonomi yang baik. Tidak selamanya potensi ekonomi yang baik tersebut dapat direalisasikan, dan bila berhasil pun maka pengaruhnya sebagian besar juga hanya marginal.
Sebagian besar perkembangan ekonomi dunia dimasa mendatang masih akan bersandar kepada teknologi yang sekarang ada dengan perubahan secara evolusioner dan tidak terlalu susah untuk diterka. Akan tetapi ada beberapa teknologi yang akan tumbuh dengan sangat pesat dan akan masuk kedalam segala segi kehidupan kita, serta memberikan corak baru dalam cara kita menyelesaikan masalah sehari-hari kita. Dari teknologi-teknologi ini sudah ada beberapa yang telah memberikan dampaknya pada saat ini, yaitu teknologi elekronika, komputer dan material, sedangkan bioteknologi adalah teknologi harapan yang diperkirakan akan memberikan dampaknya yang substansial pada masa yang akan datang.
Industri elektronika dunia saat ini sudah lebih besar dari industri mobil, dan untuk beberapa negara merupakan penghasil devisa yang paling besar. Industri elektronika di Indonesia saat ini relatif masih kecil, meskipun sejarah kehadirannya di Indonesia sudah cukup lama. Ada kira-kira 50 buah pabrik assembling alat-alat elektronika hiburan yang sebagian besar dapat digolongkan sebagai industri padat karya. Disamping itu ada kira-kira 20 perusahaan yang bergerak dalam industri peralatan elektronika profesional, beberapa diantaranya dapat digolongkan padat modal. Ada dua industri elektronika profesional yang dibina dalam kelompok industri strategis, yaitu PT. INTI dan LEN Industri. Beberapa diantara industry yang bergerak dalam peralatan elektronika hiburan maupun elektronika professional melakukan perancangan sendiri sehingga industri-industri ini sudah dapat kita golongkan sebagai industri yang padat IPTEK.
Banyak diantara pabrik-pabrik assembling alat elektronika yang mempunyai kapasitas lebih, karena pasaran produk dasar mereka yang lesu, dan tidak mempunyai kemampuan untuk mengembangkan produk-produk baru. Di dalam beberapa keadaan masih ada permasalahan tambahan yang disebabkan oleh kaitan industri-industri ini dengan induknya diluar negeri yang membatasi ruang gerak mereka. Pemanfaatan kapasitas nasional yang berlebihan ini merupakan tantangan bagi mereka yang bergerak dalam bidang elektronika. Salah satu sebab kelesuan dalam industri elektronika hiburan ialah harga yang masih belum dapat bersaing dengan luar negeri dan yang menyebabkan banyaknya barang-barang selundupan masuk ke pasaran dalam negeri. Kelangkaan adanya produk-produk yang sudah selesai dilakukan perancangan dan rekayasa, yang siap untuk diassembling, dapat diatasi dengan pendirian industri jasa perancangan yang padat IPTEK. Dengan mengambil contoh di negara tetangga kita, dengan tumbuhnya industri perancangan ini maka industri elektronika dinegara tersebut dapat memberikan sumbangan yang substansial kepada ekonomi negara.

Sumber: http://sintak.unika.ac.id/staff/blog/uploaded/5811998215/files/struktur_ekonomi-inds.pdf

Tidak ada komentar:

Posting Komentar