Sabtu, 26 Oktober 2013

Pencemaran Air (Tugas Pengantar Lingkungan# )


Pembahasan:

Pencemaran air pada saat ini sangat marak terjadi, pencemaran di sungai maupun di lautan. Hal ini dilakukan oleh perbuatan manusia-manusia yang tidak bertanggung jawab. Air yang tercemar terjadi akibat pembuangan limbah rumah tangga dan limbah pabrik yang dibuang secara sembarangan. Limbah-limbah ini banyak sekali mengandung zat-zat yang berbahaya bagi manusia maupun makhluk hidup lainnya.

Dalam video ini dapat kita lihat banyak manusia yang membuang sampah ke sungai, serta pabrik-pabrik yang membuang limbahnya ke sungai maupun ke lautan. Apa yang terjadi bila pada suatu ekosistem laut atau pun sungai yang tercemar oleh zat-zat yang berbahaya? Tentu saja suatu ekosistem tersebut akan mengalami keracunan dan terancam punah. Jika suatu ekosistem terancam punah, maka rantai makanan di alam ini juga akan terganggu. Tidak hanya itu , jika manusia tidak ada hentinya membuang limbah rumah tangga atau limbah pabrik ke sumber air maka suatu saat tidak ada lagi sumber air yang bersih yang dapat dikomsumsi oleh kita manusia dan makhluk hidup lainnya atau air bersih akan menjadi langka. Walaupun bumi ini hampir seluruhnya berisi air , tetapi jika tidak menjaganya maka air yang bersih itu lama – kelamaan akan menjadi kotor dan tidak layak untuk dikonsumsi. 70% tubuh manusia baerupa air, hal ini membuktikan bahwa kita sebagai manusia sangat lah membutuhkan air bagi kehidupan kita sehari-hari. Apa yang akan terjadi jika manusia kekurangan air??? Jika manusia tidak mencukupi kebutuhan air pada tubuhnya, maka akan menimbulkan berbagai macam penyakit seperti kerusakan ginjal , terhambatnya proses pencernaan, serta membuat wajah manusia menjadi lebih terlihat tua dan kusam dari pada umurnya.

Maka dari itu kita sebagai generasi yang dapat menyelamatkan generasi selanjutnya haruslah menjaga hal yang sangat penting untuk anak cucu dan generasi penerus kita dengan cara tidak membuang sampah sembarangan terutama di sungai dan marilah kita melestarikan lingkungan ini, agar generasi kita selanjutnya tidak tersiksa akibat ulah kita generasi sebelumnya. Hidup adalah sebuah pilihan, masa depan ada karena pilihan kita hari ini. Baik atau buruknya masa depan, kita yang menentukannya !

Tidak ada komentar:

Posting Komentar